YouTube

Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan PC

GilarPost.com – Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan PC. Kali ini kami akan memberikan tips cara live streaming game di youtube menggunakan PC. Ini adalah hal teknis yang perlu Anda ketahui. Dengan berkembangnya teknologi digital, gamer kini tidak hanya sekedar bermain game.

Ada peluang karir yang bisa didapatkan seseorang dengan bermain game. Salah satunya dengan menjadi atlit esports, yakni memasuki dunia kancah pro esports. Pemain akan masuk ke tim esports untuk kemudian berlaga di turnamen tersebut. Baik untuk wilayah nasional maupun internasional.

Baca Juga : Cara Nonton YouTube Tanpa Iklan

Meski begitu, menjadi atlet esports tidak hanya sekedar bermain-main saja. Namun ada target yang harus Anda capai setiap musim. Itu membuat Anda harus bersiap dengan jam latihan dan pertandingan di atas rata-rata.



Karena itu, tidak semua orang bisa menjadi atlet esports. Tapi jangan khawatir karena sekarang semua orang bisa menjadi streamer game. Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan PC Jika Anda tertarik menjadi seorang streamer game, Anda harus menguasai cara live streaming game.

Anda bisa melakukan live streaming di YouTube atau media streaming lainnya. Kali ini kami akan memberi tahu Anda cara live streaming game di YouTube menggunakan PC. Cara ini relatif mudah untuk Anda lakukan, begini caranya.

Cara Live Streaming Game di YouTube

Download dan Instal Aplikasi OBS

Ada banyak aplikasi di PC kamu yang bisa kamu coba untuk melakukan live streaming. Namun kami merekomendasikan menggunakan aplikasi OBS. Download aplikasi OBS disini lalu install ke PC anda.

Buka YouTube

Buka YouTube melalui aplikasi browser di PC Anda. Kemudian masuk ke admin Dasbor YouTube Live. Di sana Anda dapat mengubah judul Live Streaming dan juga deskripsi video Anda.

Salin Streaming Key dari YouTube ke OBS

Kemudian Anda dapat mencari Stream name atau key pada live streaming di YouTube. Tepatnya di bagian Encoder Setup. Salin kunci streaming. Kemudian buka aplikasi OBS. Buka tab File dan pilih Pengaturan.
Selanjutnya pilih Service menjadi YouTube Gaming. Di bagian bawah ada kolom Stream key. Tempelkan streaming key tadi ke kolom tersebut. Tujuannya adalah untuk menghubungkan aplikasi OBS ke live streaming di YouTube.

Atur Kualitas Video dan Mulai Live Streaming

Sebelum memulai live streaming, Anda harus mengatur kualitas video yang Anda rekam. Ada beberapa format yang tersedia di sana yang dapat Anda pilih. Setelah menyimpan pengaturan, mulai streaming langsung dengan menekan Mulai Streaming. Aplikasi OBS akan merekam layar dan bisa masuk live streaming di channel Youtube Anda.

Bagaimana sih Streaming Langsung Youtube?

Anda bisa menemukannya di situs Youtube atau aplikasi Youtube, dengan mengklik ikon kamera, maka Anda akan menemukan opsi menu Live Streaming.

Keuntungan Live Streaming di Youtube

Berikut beberapa kelebihan live streaming di Youtube:

  • Dapat menghasilkan uang melalui monetisasi Youtube.
  • Monetisasi yang dapat digunakan berupa iklan, super chat dan channel subscription.
    Tambahkan pelanggan dan waktu tayang.
  • Dengan melakukan live streaming bisa sambil mempromosikan channel dan video lainnya tentu akan menambah jumlah subscriber dan jam tayang tentunya.
  • Bisa langsung berinteraksi dengan penonton.
  • Saat live streaming seperti yang digunakan oleh tim Google Adsense, dengan adanya fitur live chat, penonton bisa langsung bertanya dan langsung dijawab.
  • Dengan ini Anda juga bisa memasarkan produk.

Berikut beberapa persyaratan untuk live streaming Youtube:

  • Saluran telah diverifikasi.
  • Memiliki minimal 1000 subscriber.

Tapi, jangan khawatir, syarat di atas hanya berlaku saat kamu melakukan live streaming di ponsel kamu. Sedangkan via laptop menggunakan webcam tidak harus memenuhi syarat di atas, tapi akun harus sudah terverifikasi.

Alat Untuk Streaming Langsung Youtube

Berikut adalah beberapa alat yang dibutuhkan untuk live streaming Youtube:

  • Ponsel. terutama bagi yang ingin live streaming via HP.
  • Laptop atau PC. Sebagian besar laptop sudah memiliki webcam dan mikrofon. Untuk pengguna PC biasanya tidak tersedia, perlu juga.
  • Kamera web. Untuk webcam khusus, untuk streaming harganya di atas 300 ribu. Anda bisa mencarinya di toko online seperti Tokopedia, Shopee atau Bukalapak.
  • Mikropon. Mikrofon masih terjangkau, dengan Rp. 200.000. Anda sudah dapat membeli mikrofon yang cukup bagus.

Headset Gaming. Bagi yang ingin live streaming game pasti membutuhkan headset. Dengan harga mulai Rp. 125.000, Anda sudah mendapatkan headsetnya. Selain headset, untuk game live streaming juga perlu. Dan anda juga memerlukan, Layar Hijau atau Latar Belakang Hijau, Kursi Gaming, Aplikasi Edit Video, Lampu atau Illumination, Koneksi Internet.

Demikian penjelasan dari saya tentang cara live streaming Game Di Youtube semoga bermanfaat, terima kasih.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *