Berita

5 Tempat Wisata Terbaik Dieng Paling Eksotis 2022 Belakangan Ini

Destinasi wisata terbaik di dataran Dieng

GilarPost.com | BANJARNEGARA – Dataran Tinggi Dieng Sebenarnya terletak di dua kabupaten yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Dataran Dieng adalah kompleks gunng merapi, yaitu wilayah yang identik dengan vulkanik besar dan kecil sehingga tempat ini sangat alami menciptakan bentuk-bentuk struktur alam yang menawan.

Dieng terletak 2.000 meter di atas permukaan laut dan 100 Km dari Borobudur, daerah ini terkenal karena wisata alamnya. Sebutan Dien sendiri berasal dari kata “Di-Hyang” yang berarti kediaman para leluhur moyang berdasarkan buku “Sanatan Dharma” oleh Made Urip Dharmaputra.

Namun, diketahui saat ini naiknya status PPKM di Banjarnegara, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Membuat beberapa destinasi wisata termasuk Dieng ditutup hingga 18 Oktober 2021, hal ini berdasarkan intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47 tahun 2022 mengenai Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Mengetahui hal ini mungkin akan membuat Anda perlu bersabar hingga tempat wisata di dataran tinggi Dieng di buka kembali. Untuk itu sebelum berencana kesana mari Kita tengok terlebih dahulu apa saja tempat wisata yang terletak di kawasan Dieng ini. Berikut beberapa tempat wisata di Dieng.

5 Tempat Wisata Di Dataran Dieng

1. Telaga Pengilon

Telaga ini berdekatan dengan Telaga Warna, yaitu Telaga Pengilon adalah wisata danau yang terletak di Desa Dieng Wetan, yang dikelilingi oleh perbukitan dan alam rimbun.

Disebut Pengilon berarti “Bercermin” karena airnya yang cukup jernih, sehingga orang bisa melihat bayangan mereka dengan menatap permukaan air disana.

Selain karena keindahannya yang bikin pangling, tempat ini juga menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan burung Pacific Black Duck yang dikenal dengan nama burung Mliwis.

Burung ini merupakan salah satu satwa yang cukup langka di Indonesia, tapi kalau Anda berkunjung ke wisata Telaga Pengilon Anda dapat menemukan sejumlah kawanan dari mereka yang terbang di atas danaunya.

2. Telaga Warna

Sedikit mengarah ke Kecamatan Kejajar di Wonosobo, Jawa Tengah, danau Telaga Warna adalah tempat dengan hutan alam yang pemandangannya indah. Dari Wonosobo, jaraknya sekitar 26 Km jika berkendara.

Suasana ynag khas dengan udara yang bersih dan sejuk, selain itu mungkin terdapat sedikit suasana magis saat udara di sana berkabut melalui pohon-pohon yang rindang.

Telaga Warna di sebut namanya, karena beberapa fenomena alam menyebabkan perubahan pada warna danau ini secara fluktuatif.

Anda dapat menemukan warna-warna yang sama dengan pelangi di danau ini mulai kadang berwarna hijau, kuning, ungu, merah, dan warna lainnya.

3. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin adalah sebuah dua tebing tinggi yang terletak tidak jauh dari Telaga Warna.

Wisata Ini menjadi salah satu tempat yang sangat di sukai para turis dan wisatawan sebagai tempat destinasi wisata terbaik di Dieng.

Datarannya yang tinggi membuat tempat ini selalu terkena hembusan angin kencang dan menimbulkan suara seperti mendesis seolah-olah orang sedang meratapi kesedihan.

Dari puncak tebingnya, Anda dapat melihat pemandangan Telaga Warna dan juga Telaga Pengilon serta hamparan alam yang hijau.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah 5.30 6:00 pagi karena Anda akan menyaksikan terbitnya matahari yang indah.

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang berada di Kecamatan Batur. Kawah ini memiliki luas 200 meter persegi dan terletak di tanah yang datar sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas gumpalan asap yang keluar dari kawah ini.

Sebelumnya, patut Anda ketahui dan berhati-hati saat mengunjungi tempat ini karena Kawah Sikidang mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga pastikan Anda selalu melihatnya melalui pagar-pagar pembatas yang telah di sediakan pengelola wisata.

Saat tiba di tempat wisata ini Anda dapat melihat beberapa kawah-kawah besar yang mengeluarkan asap. Wisata ini memiliki pemandangan gunung-gunung dan tanaman yang rimbun sehingga memberikan sensasi yang menenangkan, sangat cocok untuk melepaskan penak.

5. Candi Arjuna

Candi Arjuna terkenal dengan wisata alamanya yang indah, Dataran Tinggi Dieng juga memiliki wisata budata. Candi Arjuna ini terletak di Desa Karang Sari, Dieng Kulon.

Pada lokasi ini Anda tidak hanya akan melihat Candi Arjuna saja melainkan terdapat beberapa Candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra sehingga kompleks candi ini dikenal sebagai Kompleks Percandian Arjuna.

Dalam buku berjudul “Digital Archetypes” dikatakan Kompleks Candi ini di bangun sekitar 650 hingga 800 tahun yang lalu.

Seluruh candi di kompleks ini memiliki kontruksi batu granit abu-abu, dengan struktur berbentuk piramida. Keseluruhannya terdiri dari tiga tingkat menurun secara merata dengan puncak silinder yang sederhana.

Itulah beberapa tempat wisata di Dieng yang dapat Anda kunjungi apabila PPKM sudah usai di Banjarnegara. Jadi, Anda dapat memilih mau kemana sebelum mengunjungi tempat wisata dataran Dieng ini,

Show More